Monday, October 25, 2010

BAAK online

SEKILAS TENTANG OTOMATISASI PERKANTORAN

BAAK online

BAAK atau Biro Administrasi dan Kemahasiswaan adalah pelaksana dan penanggung jawab administrasi akademik dan kemahasiswaan.Tugas dan tanggung jawab BAAK adalah mengembangkan sistem program, mengkoordinasikan, mengintegrasikan dan mengendalikan kualitas pelaksanaan sistem dan program pelayanan, serta mempertanggung jawabkan kinerja administrasi akademik.

Didalam BAAK online terdapat fitur-fitur atau menu layanan, yaitu

1. Info Update

2. Info Perkuliahan

· Perkuliahan Dan Ujian

§ Kalender Akademik

§ Daftar Mata Kuliah

§ Daftar Dosen Pembimbing PI

§ Daftar Dosen Wali Kelas

§ Jadwal Kuliah

§ Jadwal Ujian

§ Pengurusan Ujian Bentrok

§ FRS

· Administrasi Akademik

§ Daftar Ulang

§ Cuti

§ Tidak Aktif Kuliah

§ Aktif Kembali

§ Pengecekan Nilai

§ Pindah Lokasi / Waktu Kuliah

§ Pindah Jurusan

3. News

4. Jadwal Akademik

5. Info Mahasiswa

6. FAQ

7. Situs SAP

8. Buku Pedoman

9. Situs Jurusan

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing layanan subdomain pada BAAK

1. Info Update

Info update adalah berisi info-info terbaru yang ada diuniversitas. Terdiri dari tanggal info itu di update dan judul dari info tersebut. Kelebihan dari info update ini adalah agar mahasiswa mengetahui info-info terbaru yang ada di kampus.

2. Info Pelayanan

Berisi perkuliahan dan ujian dan administrasi akademik.

· Perkuliahan Dan Ujian

Perkuliahan dan ujian berisi hal-hal yang menyangkut perkulihaan dan ujian.

§ Kalender Akademik

Kalender akademik adalah kalender perkuliahan dalam 1 semester. Kelebihan dari kalender akademik adalah para mahasiswa/I dapat mengetahui jadwal-jadwal dalam 1 semester perkuliahan.

§ Daftar Mata Kuliah

Daftar mata kuliah berisi daftar mata kuliah yang ada di D3 maupun S1 semua jurusan, setiap jurusan berisi mata kuliah dan berapa SKS yang diambil. Kelebihan dari daftar mata kuliah ini para mahasiswa/I dapat mengetahui mata kuliah apa dan berapa SKS yang para mahasiswa/I ambil dalam 1 semester.

§ Daftar Dosen Pembimbing PI

§ Daftar Dosen Wali Kelas

Daftar dosen wali kelas berisi seluruh nama dosen wali D3 dan S1 semua kelas mulai semester satu sampai semester empat. Kelebihan dari daftar dosen wali kelas adalah setiap mahasiswa/I dapat mengetahui nama dosen kelasnya.

§ Jadwal Kuliah

Jadwal kuliah berisi waktu dan tempat perkuliahan. Waktu sendiri dibagi menjadi 14 jam, jam pertama dimulai pada pukul 07:30 dan jam 14 dimulai pada pukul 20:30. Kuliah pagi dimulai pada jam ke1-10, kuliah malam dimulai pada jam ke 11-14. Tempat perkuliahan dibagi menjadi tempat kampus dan gedung, lantai dan ruang kelas.

§ Jadwal Ujian

Jadwal ujian berisi jadwal ujian mahasiswa/I semua jurusan. Selain jadwal ujian diberitahukan juga persensi kuliah, tata tertib ujian, ujian susulan dan ujian bentrok. Kelebihan dari jadwal ujian adalah mahasiswa/I dapat mengetahui jadwal, pensensi kuliah, tata tertib, ujian susulan, ujian bentrok dan agar dapat mengurusnya.

§ Pengurusan Ujian Bentrok

Pengurusan ujian bentrok dilakukan bila ada mahasiswa yang jadwalnya bentrok karena ada pengulangan kelas. Kelebihan pengurusan ujian bentrok adalah mahasiswa dapat mengatur ujian bentrok agar jadwal bias sesuai.

§ FRS

FRS atau Formulir Rencana Studi berisi jadwal pengisian FRS dan KRS (Kartu Rencana Studi). Kelebihan dari subdomain FRS ini adalah agar jadwal perkelas dalam pengisian tidak bentrok.

· Administrasi Akademik

§ Daftar Ulang

Daftar Ulang adalah kegiatan untuk memperbaiki data alamat dan merencanakan pembayaran uang kuliah untuk semester baru. Di dalam daftar ulang berisi syarat dan prosedur daftar ulang. Kelebihan dari daftar ulang ini adalah mahasiswa/I mengetahui syarat dan prosedur daftar ulang agar tidak salah.

§ Cuti Akademik

Cuti akademik adalah pembesaan mahasiswa dari perkuliahan dalam jangka waktu yang ditentukan. Berisi syarat dan ketentuan bagi mahasiswa yang ingin mengurus cuti. Kelebihan dari cuti ini adalah mahasiswa dapat mengetahui syarat, ketentuan dan prosedur untuk mendapatkan cuti.

§ Tidak Aktif Kuliah

Tidak aktif kuliah adalah dimna mahasiswa tidak membayar uang kuliah, tidak mengisi KRS , dan tidak mengurus cuti. Dalam layanan tidak aktif kuliah, mahasiswa dapat mengurus tidak aktif kuliah dengan syarat dan prosedur yang berlaku. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa dapat mengurus tidak aktif kuliah.

§ Aktif Kembali

Aktif kembali adalah mahasiswa yang cuti dan tidak aktif mengikuti kembali kegiatan kuliah. Layanan aktif kembali berisi syarat dan prosedur untuk aktif kembali. kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa yan cuti dan tidak aktif dapat mengetahui syarat untuk aktif kembali.

§ Pengecekan Nilai

Pengecekan nilai adalah apabila ada tidak ada nilai pada DNS pada mata kuliah yang diambil atau ada keraguan pada nilai. Layanan ini dapart membantu mahasiswa apabila ada kesalahan tersebut.

§ Pindah Lokasi / Waktu Kuliah

Layanan ini dikhususkan kepada mahasiswa yang ingin pindah lokasi kampus dan atau waktu kuliah. Layanan ini dikhususkan kepada mahasiwa yang ingin mengurus hal tersebut.

§ Pindah Jurusan

Pindah jurusan yang dimaksud adalah pindah jurusan dalam satu fakultas dan mahasiswa/I telah menempuh pendidikan selama satu atau dua semester. Kelebihan layanan ini adalah mahasiswa dapat mengatur pindah jurusandengan syarat dan prosedur ygang berlaku.

3. News

News berisi berita-berita dalam perkuliahan dari beberapa tahun terakhir. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa dapat mengetahui berita-berita yang ada.

4. Jadwal Akademik

Jadwal akademik berisi jadwal kuliah, UAS, ujian utama, daftar ulang dan pengisian KRS.

Jadwal kuliah disini bisa berubah-ubah setiap akhir minggu , maka dari itu setiap mahasiswa harus update jadwal perminggunya. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa/I dapat mengetahui jadwal perkuliahan dengan mudah.

5. Info Mahasiswa

Layanan ini ada untuk mencari nama mahasiswa/I dan juga mengetahui kelas. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa dapat mencari mahasiswa/I lain dengan mudah.

6. Faq

FAQ adalah suatu tanya jawab yang bisa dijawab atau bisa share bersama-sama. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa bisa sharing atas pertanyaan apa yang dia ajukan.

7. Situs SAP

Situs SAP berisi pembagian materi matakuliah setiap pertemuan, merupakan penjabaran secara terperinci rencana perkuliahan. kelebihan dari situs SAP ini adalah mahasiswa/I dapat mengetahui satuan rencana perkuliahan semua matakuliah.

8. Buku Pedoman

Kelebihan deri buku pedoman adalah agar mahasiswa/I dapat mengetahui pedoman-pedoman yang diterapkan di perkuliahan.

9. Situs Jurusan

Situs jurusan berisi situs-situs semua jurusan baik itu S1 maupun D3. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa/I dapat mengetahui situs jurusannya masing-masing atau jurusan lainnya.



http://www.baak.gunadarma.ac.id

0 comments:

Post a Comment