Sunday, November 21, 2010

Sesi 5 Manajemen

MANAJEMENT

PENGERTIAN

Manajement adalah suatu proses, yang terdiri dari kegiatan pengaturan, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoorganisasian dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Ada 3 hal penting dalam manajement, yaitu:

1. Ada tujuan yang ingin dicapai

2. Pemanfaatan sumberdaya untuk mencapai tujuan

3. Pengendalian atas kegiatan manusia, agar mereka menjalankan tugasnyadengan benar

SARANA MANAJEMENT

Demi memudahkan tercapainya tujuan perusahaan, diperlukan sarana-sarana pendukung dikenal dengan 6M, seperti:

1. Man (Manusia)

2. Money (Uang Atau Modal Kerja)

3. Materials (Bahan Baku)

4. Method (Metode)

5. Markets (Pasar)

6. Machines (Mesin)

Man merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi. Dalam manajemen, faktor manusia sangat menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan melakukan proses untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, manajemen timbul karena adanya orang-orang yang berkerja sama untuk mencapai tujuan.

Money atau Uang merupakan salah satu unsur yang sama sekali tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Oleh karena itu uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi.

Material terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan sebagai salah satu sarana. Sebab tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.

Machine atau Mesin digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja.

Metode adalah suatu tata cara kerja yang memperlancar jalannya pekerjaan manajer. Sebuah metode daat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha. Perlu diingat meskipun metode baik, sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman maka hasilnya tidak akan memuaskan.

Market atau pasar adalah tempat di mana organisasi memasarkan produknya. Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.

14 PRINSIP MANAJEMEN MENURUT HENRY FAYOL

1. Pembagian Kerja

Spesialisasi menambah hasil kerja dengan cara membuat para pekerja lebih efisien.

2. Kekuasaan Dan Tanggung Jawab

Manajer harus dapat memberi perintah. Wewenang memberikan hak ini kepadanya. Tetapi wewenang berjalan seiring dengan tanggung jawab. Jika wewenang digunakan, timbullah tanggung jawab.

3. Disiplin

Para pegawai harus mentaati dan menghormati peraturan yang mengatur organisasi.

4. Kesatuaan Pemerintah

Setiap pegawai seharusnya menerima perintah hanya dari seorang atasan.

5. Kesatuan Arah

Setiap kelompok aktivitas organisasi yang mempunyai tujuan sama harus dipimpin oleh seorang manjer dengan menggunakan sebuah rencana.

6. Kepentingan Umum Diatas Kepentinagn Pribadi

Mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan individu.

7. Pembayaran Upah Yang Adil

Para pekerja harus digaji sesuai dengan jasa yang mereka berikan.

8. sentralisasi

merujuk kepada sejauh mana para bawahan terlibat dalam pengambilan keputusan. Apakah pengambilan keputusan itu disentralisasi (pada manajemen) atau dissentralisasi (pada para bawahan) adalah proporsi yang tepat. Kuncinya terletak pada bagaimana menemukan tingkat sentralisasi yang optimal untuk setiap situasi

9. Gajis Kewenangan

Garis wewenang dari manajemen puncak sampai ke tingkat yang paling rendah merupakan rantai scalar. Komunikasi harus mengikuti rantai ini.

10. Tata Tertib

Orang dan bahan harus ditempatkan pada tempat dari waktu yang tepat.

11. Keadilan

Para manajer harus selalu baik dan jujur terhadap para bawahan.

12. Stabilitas Pegawai

Stabilitas masa kerja para pegawai, Perputaran (turnover) pegawai yang tinggi adalah tidak efisien. Manajemen harus menyediakan perencanaan personalia yang teratur dan memastikan bahwa untuk mengisi kekosongan harus selalu ada pengganti

13. Inisiatif

Para pegawai yang diizinkan menciptakan dan melaksanakan rencana-rencana akan berusaha keras.

14. Jiwa Kesatuaan

Mendorong team spirit akan membangun keselarasan dan persatuan di dalam organisasi

5 FUNGSI MANAJEMEN

1. Planning

2. Organizing

3. Direction

4. Coordinating

5. Controlling

1. Planning / perencanaan

Palnning atau perencanaan adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Planning merupakan menggambarkan tentang apa, bagaimana, mengapa, dan kapan dilakukannya aktivitas, kemudian ditetapkan siapa yang melakukan, bagaimana pembagian kerja, pembagian wewenang, tanggung jawab serta pertanggung jawaban dari masing-masing kegiatan.Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.

· Bentuk-bentuk perencanaan

1. Sasaran

2. Kebijakan

3. Strategi

4. Prosedur

5. Aturan

6. Program

· Manfaat perencanan

o Dapat memberikan arah dan tujuan yang hendak dicapai perusahaan.

o Dapat ditentukan suatu suatu pedoman sebagai standar untuk mengurangi ketidakpastian

o Dapat diukur berhasil tidaknya suatu kegiatan, untuk memeudahkan pengawasan

o Dapat membantu menemukan peluang dimasa yang akan datang

o Menciptakan efisiensi biaya

· Langkah penyusunan perusahaan

o Menetapkan tujuan

o Menyusun anggapan-anggapan

o Menyusun tindakan alternative

o Mengadakan penilaian terhadap tindakan alternatife yang telah dipilih

o Menngambil keputusan

o Menyusun rencana pendukung

2. Organizing / Pengorganisasian

Pengorganiasian merupakan keseluruhan aktivitas manajemen dalam mengelompokan orang-orang serta penetapan tugas, fungsi wewenang, serta tanggung jawabnya dengan tujuan terciptnya organisasi yang berhasil. dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

· Dalam suatu organisasi, terdapat :

1. Hubungan informal

Hubungan manusiawi yang sifatnya tidak resmi

2. Hubungan formal

Bagan organisasi yang sifatmya resmi

Ada 3 hubungan dasar dalam hubungan formal:

1) Tanggung jawab

2) Wewenang

3) Pertanggungjawaban

· 5 langkah perorganisasian

1) Memperici seluruh kegiatan yang harus dilaksanakan

2) Membagi beban kerja kedalam aktivitas yang menyenangkan

3) Mengkombinasikan pekerjaan anggota perusahan dalam cara yang logs dan efisien

4) Penetapan mekanisme untuk mengkoordinasikan pekerjaan dalam satu kesatuan yang harmonis

5) Memantau aktivitas organisasi dan pengambilan langkah-langkah untuk meningkatkan efektivitas

3. Directing / pengarahan

suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha melakukan kegiatan untuk mencapai sasaran sesuai dengan arah perencanaan manajerial dan usaha

· Dua prinsip pengarahan

1. Prinsip keharmonisan

Tujuan dari prinsip keharmonisan ini adalah pemenuhan kebutuhan yang dimiliki para pekerja harus harmonis dengan kepentingan perusahaan.

2. Prinsip kesatuuan komando

Menyatukan arah dan tujuan dan tanggung jawab para bawahan kepada atasan.

· Keberhasilan dari fungsi pengarahan dipengaruhi oleh:

1. Pemberiaan motivasi

2. Kepemimpinan yang handal

3. Komunikasi yang efektif

· Tiga metode pemberian pengarahan

1. Orientasi

Pemberiaan informasi yang perlu agar kegiatan dapat dilakukan dengan lancer.

2. Perintah

Merupakan permintaan pimpinan kepada bawahaan pada keadaan tertentu. Ada perintah lisan dan tulisan, dan ada perintah formal dan informal.

3. Delegasi wewenang

pimpinan memberikan setengah wewenang yang dimilikinya kepada bawahan.

4. Coordinating / pengkoordinasian

Suatu proses pengintegrasian tujuan dan aktivitas unit-unit yang terpisah dalam suatu perusahaan untuk mencapai tujuan.

· Tiga prinsip pengorganisasiaan

1) Prinsip kontak langsung

2) Prinsip penekanan pada pentingnya koordinasi

3) Hubungan timbale balik pada faktor yang

5. Controlling / pengendalian

Controlling / pengendalian adalah proses untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan organisasi dan manajemen tercapai dengan menemukan dan mengoreksi penyimpangan yang terjadi.

· Empat langkah dalam proses pengendalian

o Menetapkan standar dan metode untuk mengukur prestasi.

o Mengukur prestasi

o Menentukan kesesuaian antara prestasi kerja dengan standar

o Mengambil tindakan kolektif

· 10 cara pengendalian yang baik

1. Mendukung kebutuhan dari kegiatan

2. Setiap kegiatan memiliki pengendalian yang berbeda

3. Harus segera melaporkan bila ada penyinmpangan

4. Harus berorientasi jauh kedepan

5. Harus akurat dan obyektif

6. Harus fleksibel

7. Harus serasi dengan pola organisasi

8. Harus ekonomis

9. Harus mudah dimengerti

10. Harus diikuti dengan koreksi

Nama: siti wulandari fauziah

NPM: 29210174

Kelas : 1EB06

UNIVERSITAS GUNADARMA

0 comments:

Post a Comment