Monday, October 25, 2010

BAAK online

SEKILAS TENTANG OTOMATISASI PERKANTORAN

BAAK online

BAAK atau Biro Administrasi dan Kemahasiswaan adalah pelaksana dan penanggung jawab administrasi akademik dan kemahasiswaan.Tugas dan tanggung jawab BAAK adalah mengembangkan sistem program, mengkoordinasikan, mengintegrasikan dan mengendalikan kualitas pelaksanaan sistem dan program pelayanan, serta mempertanggung jawabkan kinerja administrasi akademik.

Didalam BAAK online terdapat fitur-fitur atau menu layanan, yaitu

1. Info Update

2. Info Perkuliahan

· Perkuliahan Dan Ujian

§ Kalender Akademik

§ Daftar Mata Kuliah

§ Daftar Dosen Pembimbing PI

§ Daftar Dosen Wali Kelas

§ Jadwal Kuliah

§ Jadwal Ujian

§ Pengurusan Ujian Bentrok

§ FRS

· Administrasi Akademik

§ Daftar Ulang

§ Cuti

§ Tidak Aktif Kuliah

§ Aktif Kembali

§ Pengecekan Nilai

§ Pindah Lokasi / Waktu Kuliah

§ Pindah Jurusan

3. News

4. Jadwal Akademik

5. Info Mahasiswa

6. FAQ

7. Situs SAP

8. Buku Pedoman

9. Situs Jurusan

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing layanan subdomain pada BAAK

1. Info Update

Info update adalah berisi info-info terbaru yang ada diuniversitas. Terdiri dari tanggal info itu di update dan judul dari info tersebut. Kelebihan dari info update ini adalah agar mahasiswa mengetahui info-info terbaru yang ada di kampus.

2. Info Pelayanan

Berisi perkuliahan dan ujian dan administrasi akademik.

· Perkuliahan Dan Ujian

Perkuliahan dan ujian berisi hal-hal yang menyangkut perkulihaan dan ujian.

§ Kalender Akademik

Kalender akademik adalah kalender perkuliahan dalam 1 semester. Kelebihan dari kalender akademik adalah para mahasiswa/I dapat mengetahui jadwal-jadwal dalam 1 semester perkuliahan.

§ Daftar Mata Kuliah

Daftar mata kuliah berisi daftar mata kuliah yang ada di D3 maupun S1 semua jurusan, setiap jurusan berisi mata kuliah dan berapa SKS yang diambil. Kelebihan dari daftar mata kuliah ini para mahasiswa/I dapat mengetahui mata kuliah apa dan berapa SKS yang para mahasiswa/I ambil dalam 1 semester.

§ Daftar Dosen Pembimbing PI

§ Daftar Dosen Wali Kelas

Daftar dosen wali kelas berisi seluruh nama dosen wali D3 dan S1 semua kelas mulai semester satu sampai semester empat. Kelebihan dari daftar dosen wali kelas adalah setiap mahasiswa/I dapat mengetahui nama dosen kelasnya.

§ Jadwal Kuliah

Jadwal kuliah berisi waktu dan tempat perkuliahan. Waktu sendiri dibagi menjadi 14 jam, jam pertama dimulai pada pukul 07:30 dan jam 14 dimulai pada pukul 20:30. Kuliah pagi dimulai pada jam ke1-10, kuliah malam dimulai pada jam ke 11-14. Tempat perkuliahan dibagi menjadi tempat kampus dan gedung, lantai dan ruang kelas.

§ Jadwal Ujian

Jadwal ujian berisi jadwal ujian mahasiswa/I semua jurusan. Selain jadwal ujian diberitahukan juga persensi kuliah, tata tertib ujian, ujian susulan dan ujian bentrok. Kelebihan dari jadwal ujian adalah mahasiswa/I dapat mengetahui jadwal, pensensi kuliah, tata tertib, ujian susulan, ujian bentrok dan agar dapat mengurusnya.

§ Pengurusan Ujian Bentrok

Pengurusan ujian bentrok dilakukan bila ada mahasiswa yang jadwalnya bentrok karena ada pengulangan kelas. Kelebihan pengurusan ujian bentrok adalah mahasiswa dapat mengatur ujian bentrok agar jadwal bias sesuai.

§ FRS

FRS atau Formulir Rencana Studi berisi jadwal pengisian FRS dan KRS (Kartu Rencana Studi). Kelebihan dari subdomain FRS ini adalah agar jadwal perkelas dalam pengisian tidak bentrok.

· Administrasi Akademik

§ Daftar Ulang

Daftar Ulang adalah kegiatan untuk memperbaiki data alamat dan merencanakan pembayaran uang kuliah untuk semester baru. Di dalam daftar ulang berisi syarat dan prosedur daftar ulang. Kelebihan dari daftar ulang ini adalah mahasiswa/I mengetahui syarat dan prosedur daftar ulang agar tidak salah.

§ Cuti Akademik

Cuti akademik adalah pembesaan mahasiswa dari perkuliahan dalam jangka waktu yang ditentukan. Berisi syarat dan ketentuan bagi mahasiswa yang ingin mengurus cuti. Kelebihan dari cuti ini adalah mahasiswa dapat mengetahui syarat, ketentuan dan prosedur untuk mendapatkan cuti.

§ Tidak Aktif Kuliah

Tidak aktif kuliah adalah dimna mahasiswa tidak membayar uang kuliah, tidak mengisi KRS , dan tidak mengurus cuti. Dalam layanan tidak aktif kuliah, mahasiswa dapat mengurus tidak aktif kuliah dengan syarat dan prosedur yang berlaku. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa dapat mengurus tidak aktif kuliah.

§ Aktif Kembali

Aktif kembali adalah mahasiswa yang cuti dan tidak aktif mengikuti kembali kegiatan kuliah. Layanan aktif kembali berisi syarat dan prosedur untuk aktif kembali. kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa yan cuti dan tidak aktif dapat mengetahui syarat untuk aktif kembali.

§ Pengecekan Nilai

Pengecekan nilai adalah apabila ada tidak ada nilai pada DNS pada mata kuliah yang diambil atau ada keraguan pada nilai. Layanan ini dapart membantu mahasiswa apabila ada kesalahan tersebut.

§ Pindah Lokasi / Waktu Kuliah

Layanan ini dikhususkan kepada mahasiswa yang ingin pindah lokasi kampus dan atau waktu kuliah. Layanan ini dikhususkan kepada mahasiwa yang ingin mengurus hal tersebut.

§ Pindah Jurusan

Pindah jurusan yang dimaksud adalah pindah jurusan dalam satu fakultas dan mahasiswa/I telah menempuh pendidikan selama satu atau dua semester. Kelebihan layanan ini adalah mahasiswa dapat mengatur pindah jurusandengan syarat dan prosedur ygang berlaku.

3. News

News berisi berita-berita dalam perkuliahan dari beberapa tahun terakhir. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa dapat mengetahui berita-berita yang ada.

4. Jadwal Akademik

Jadwal akademik berisi jadwal kuliah, UAS, ujian utama, daftar ulang dan pengisian KRS.

Jadwal kuliah disini bisa berubah-ubah setiap akhir minggu , maka dari itu setiap mahasiswa harus update jadwal perminggunya. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa/I dapat mengetahui jadwal perkuliahan dengan mudah.

5. Info Mahasiswa

Layanan ini ada untuk mencari nama mahasiswa/I dan juga mengetahui kelas. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa dapat mencari mahasiswa/I lain dengan mudah.

6. Faq

FAQ adalah suatu tanya jawab yang bisa dijawab atau bisa share bersama-sama. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa bisa sharing atas pertanyaan apa yang dia ajukan.

7. Situs SAP

Situs SAP berisi pembagian materi matakuliah setiap pertemuan, merupakan penjabaran secara terperinci rencana perkuliahan. kelebihan dari situs SAP ini adalah mahasiswa/I dapat mengetahui satuan rencana perkuliahan semua matakuliah.

8. Buku Pedoman

Kelebihan deri buku pedoman adalah agar mahasiswa/I dapat mengetahui pedoman-pedoman yang diterapkan di perkuliahan.

9. Situs Jurusan

Situs jurusan berisi situs-situs semua jurusan baik itu S1 maupun D3. Kelebihan dari layanan ini adalah mahasiswa/I dapat mengetahui situs jurusannya masing-masing atau jurusan lainnya.



http://www.baak.gunadarma.ac.id

Monday, October 18, 2010

sesi 4 lingkungan perusahaan dan tanggung jawab sosial

LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Lingkungan perusahaan adalah semua faktor-faktor intern dan ekstern yang mempengaruhi perusahaan. Itu berarti keberhasilan suatu perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya tergantung pada lingkungannya. Olekh karenanya, perusahaan harus menjaga hubungan baik dengan lingkungannya apabila perusahaan itu ingin berhasil.

Lingkungan perusahaan itu sendiri dibagi menjadi :

· Lingkungan Umum

1. Politik

Kegiatan perusahaan akan sangat dipengaruhi oleh kebijakan dan kondisi politik.

2. Hukum

Kegiatan perusahaan ada dalam kaidah hokum, maka dari itu keputusan dan perkembangan perusahaan dipengaruhi oleh hukum.

3. Sosial

Lingkungan sosial meliputi stuktur golongan yang ada didalam masyarakat yang dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan dan lembaga-lembaga social.

4. Perekonomian

Termasuk kedalamnya jenis organisasi ekonomi, system pemilikan perusahaan,system perpajakan dan perbankan, angkatan kerja, produktivitas, tingkat investasi dan pola konsumsi masyarakat.

5. Kebudayaan

Kebudayaan ini adalah sejarah, norma-norma, adat istiadat dan kebiasaan suatu masyarakat dimana perusahaan itu berada.

6. Pendidikan

Semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat maka akan semakin tinggi pula keahlian khusus masyarakat tersebut.

7. Teknologi

Perkembangan perusahaan sangat dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

8. Demografi

Demografi adalah ilmu yang memepelajari tentang kependudukan. Dalam hal ini SDM sebagai sumber tenaga kerja yang ada dimasyarakat, angkatan kerja, tingkat kelahiran, tingkat kematian, penyebaran penduduk, usia, jenis kelamin, migrasi dan lain-lain.

· Lingkungan Khusus

1. Penyedia

Demi kelangsungan hidup perusahaan, perusahaan harus menjalin suatu hubungan dengan penyedia untuk menjaga ketersediaannya bahan baku, alat-alat produksi, tenaga kerja ddan lain-lain.

2. Pelanggan

Pelanggan disini dimaksudkan sebagai konsumen baik itu perusahaan besar maupun perusahan kecil.

3. Pesaing

Pesaing adalah perusahaan lain yang membuat produk yang sejenis maupun produk substitusi.

4. Teknologi

Selain lingkungan umum, teknologi juga masuk kedalam lingkungan khusus. Untuk mendukung operasi perusahaan, dibutuhkan teknologi demi tercapainya jumlah optimal dan untuk memuaskan pelanggan

5. Sosio Politik

Sosio politik ini mencakup kehidupan masyarakat dan peranan pemerintah terhadap kelangsungan perkembangan perusahaan.

· Lingkungan perusahaan

Pemerintah banyak memberikan bantuan dalam kehiduapn perusahaan, seperti perlindungan atas kekayaan, pengadaan kontrak, dan pemberian hak paten, bantuan lainnya yaitu:

1. Bantuan dibidang transportasi

2. Bantuan pada perusahaan kecil

§ Bantuan keuangan

§ Bantuan pemberian kontrak

§ Bantuan teknik dan manajemen

3. Bantuan dibidang komunikasi

· Lingkungan hukum

Kebiasaan, tradisi, peraturan-peraturan, konstitusi dan keputusan-keputusan suatu perusahan merupakan cerminan dari hukum yang berlaku. Pengambilan keputusan dan transaksi harus ada pada koridor-koridor hukum.

Di Indonesia ada dua hukum, yaitu

1. Hukum publik

Hukum ini mengatur semua masalah yang menyangkut keamanan umum. Seperti, hukum pidana, hukum tatanegara, dan hukum tatausaha.

2. Hukum privat

Jika hukum public mengatur kepentingan umum, hukum privat mengatur hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan kelompok dalam masyarakat. Seperti hukum perdata dan hukum dagang.

· Lingkungan perpajakan

Pemerintah memungut pajak untuk membiayai pengeluaran pemerintah.

Jenis-jenis pajak adalah

1. Pajak tidak langsung

Dikenakan atas barang-barang yang dibayar importir, produsen dan pedagang besar. Pajak ini dikenal dengan pajak pertambahan nilai yang ditambahkan kepada barang-barang yang dijual kepada masyarakat.

2. Pajak langsung

Dikenakan atas kepemilikan kekayaan, dipungut langsung pada pembayar pajak. Seperti pajak penghasilan, pajak perseroan dan pajak deviden.

Tanggung jawab sosial perusahaan

o Tanggung jawab terhadap pelanggan

Perusahaan harus berupaya memuaskan konsumen, agar konsumen setia mengkonsumsi produk perusahaan.

Ada 4 hak pelanggan:

§ Hak untuk memperoleh keselamatan

§ Hak untuk memperoleh informasi

§ Hak untuk memilih

§ Hak untuk didengar

o Tanggung jawab terhadap tenaga kerja

Perusahaan harus menjaga tanggung jawab tenaga kerja, seperti

§ Kenyamanan dalam bekerja

§ Pemberian upah yang layak

§ Adanya jaminan kerja (asuransi kesehatan, cuti, rekreasi)

§ Mendengar keluhan pekerja

§ Hak untuk tahu mengenai informasi perusahaan

o Tanggung jawab terhadap lingkungan

Dangan memperhatikan lingkungan di perusahaan, akan memberikan dampak positif bagi kelangsungan perusahaan. Untuk itu perusahaan harus memperhatikan kebersihan perusahaan dari limbah dan polusi yang dikeluarkan perusahan.

o Tanggung jawab terhadap investor

Para investor memiliki faktor penting dalam kemajuan perusahaan khususnya pengelolaan dana. Untuk itu, perusahaan harus menumbuhkan rasa percaya kepada investor dengan cara membuat laoran keuangan secara periodik.

Etika Bisnis

Etika adalah adat, akhlak, watak, perasaan, sikap, cara berpikir, dasar-dasar moral kebaikan dan sifat-sifat baik. Etika dalam bisnis adalah mengenai kejujuran berbisnis. Perilaku berbisnis dipengaruhi oleh lingkungan bisnis, organisasi, dan individu.

Etika sangat diperlukan untuk:

§ Menjaga keselarasaan dan konsistensi antara gaya managemen strategi dan kebijakan dalam pengembangan usaha

§ Menciptakan suasana bisnis yang sehat dalam persaingan.

§ Mewujudkan integritas perusahaan untuk lingkungan, masyarakat dan pemerintah.

§ Menciptakan ketenangan batin bagi pemilik perusahaan, investor dan pekerja.

§ Mengangkat martabat perusahaan dalam kancah internasional


nama: siti wulandari fauziah

npm: 29210174

kelas: 1EB06


n