Sunday, October 30, 2011

Film Ra.one


RESENSI FILM


Judul               :RA.ONE
Sutradara         : Anubav Sinha (DUS, CASH)
Naskah                        : David Benullo dan Shah Rukh Khan
Musik              : Vishal Dadlani dan Skekhar Ravjiani
Aktor/Aktris    :Shah Rukh Khan, Tamil Rajinikanth, Kareena Kapoor, Aishwarya Rai, Arjun Rampal

Mega bintang bollywood shahrukh khan kembali hadir dengan film terbarunya. Shah Rukh Khan menjadi pemeran utama superhero atau pahlawan super, yang diperkirakan gabungan antara Spider-man dan Iron Man. Jalinan kisah tersebut bergerak dari sebuah permainan video game yang diciptakan Shekhar Subramaniam (Shah Rukh Khan). Bersama timnya, Shekhar lalu menciptakan karakter Ra.One (baca: rahvan atau rahwana). Sebagai saingan Ra.One, Shekkhar juga membuat tokoh G.One (baca: Jivan yang artinya hidup).
Sepanjang film berdurasi 2,5 jam tersebut banyak adegan menakjubkan untuk kelas film Bollywood. Seperti terlemparnya beberapa mobil mewah saat Ra.One bertarung dengan G.One. Permainan teknologi menciptakan efek pertarungan apik yang terkesan nyata.
Biaya
Film India dengan biaya pembuatan termahal sepanjang sejarah perfilman negara tersebut telah dirilis. Film bertajuk Endhiran yang berarti robot ini menjadi film India termahal dengan menelan biaya 1,6 miliar rupee atau sekitar US$35 juta atau sekitar Rp.400 miliar."Awalnya hanya Rp270 miliar, tapi karena ingin menambah efek bertempur dan tiga dimensi, maka biayanya tidak sedikit," kata Raam Punjab selaku distributor film tersebut.
Khan, yang juga menjadi produser film, melakukan pemasaran besar untuk  mempromosikan film senilai US$30 juta itu. Iklan surat kabar satu halaman, suvenir film, video dan game online serta aplikasi di iPhone dan iPad digunakan untuk pemasaran.
Sejumlah pengamat mengatakan produksi film yang akan diputar di sekitar 3.500 bioskop di India itu telah meraup 70% biaya produksi.
Peluncuran
Ra.One pada mulanya direncanakan diluncurkan bulan Juni namun ditunda untuk menggarap tambahan special effect dan tiga dimensi. Dan akhirny film tentang pahlawan super India, Ra.One, yang disebut sebagai film paling mahal di Bollywood tersebut diluncurkan Rabu (26/10), bertepatan dengan fesival Hindu Diwali.
'Ra.One', film fiksi sains yang dibintangi Shah Rukh Khan dan Kareena Kapoor ini resmi diluncurkan di Indonesia pada 28 Oktober. "Mulai tanggal 28 Oktober ditayangkan di sejumlah bioskop di tanah air. Sudah banyak permintaan dari fans dan penggemar Shah Rukh Khan, sebelum film itu saya distribusikan ke Indonesia," ujar Raam Punjabi, selaku distributor film tersebut.
Fans
Saat tayang perdana jum’at malam itu, ratusan pengunjung memenuhi teater. Para fans mengantri untuk mendapatkan tiket pertunjukkan film ini di bioskop-bioskop. Diperkirakan film ini akan menjadi box-office. Selain dana pembuatan yang besar, daya tarik film ini adalah pemerannya yang merupakan bintang film papan atas India.
Terlepas keberhasilannya, film besutan sutradara Anubhav Sinha seolah mengobati kerinduan terhadap sosok Shah Rukh Khan yang juga berperan sebagai produser. Para fans tak ragu menunjukkan ekspresinya dengan teriakan gemas dan balutan kaos bertuliskan nama sang idola.
Sejumlah pihak yang telah menyaksikan pemutaran perdana memuji spesial efek dalam fim ini tidak kalah kualitasnya dengan film-film Hollywood namun mengatakan cerita film tidak begitu menarik.
Rumor
Namun masih harus dilihat apakah film itu memang seperti yang diharapkan banyak orang.

Meniru Hollywood?
Dalam wawancara dengan BBC dalam pemutaran perdana, Khan menyanggah bahwa superhero diangkat untuk meniru Hollywood. "Bila teknologi berkembang, kami dapat bersaing dengan Hollywood dalam bidang kualitas. Namun sepanjang kami belum bisa bersaing dari sisi kualitas, kami belum dapat bersaing," kata Khan. "Kami mencoba membuat film Bollywood seperti halnya film Hollywood, jadi kami tetap mengarah ke sana," tambahnya.
Harian Times of India menyebut Ra.One sebagai film fiksi sains yang membuat adrenalin orang meningkat. Situs hiburan Rediff Movies menyebut film itu mencerminkan krisis usia menengah Shan Rukh Khan yang paling mahal. Situs itu menggambarkan cerita film yang panjang dan tidak terkait satu sama lain. Namun badan penyiaran Hindi Zee News memuji film yang disebut memiliki special effect yang memukau.

Tetapi di luar kritikan itu, film itu diperkirakan akan tetap laris.

BOLLYWOOD HOLLYWOOD PRODUCTIONSRumah Produksi yang menangani film ini baru saja merilis teaser trailernya. Hanya berdurasi 13 detik, tapi jujur saja trailer singkat ini pasti akan membuat MOOviers semakin penasaran. MOOviers bisa menyaksikannya dibawah ini…



Siti Wulandari Fauziah
29210174
2EB03

Sumber:


0 comments:

Post a Comment