Friday, November 11, 2011

Mandy Sellars dan Sindrom Proteusny




 
Seorang wanita asal Inggris menderita penyakit kaki gajah jenis langka yang bisa membunuhnya. Mandy Sellars, 36 tahun, dari pinggang ke atas, tubuh Mandy Sellars (36 tahun) terlihat sangat normal dan tidak gemuk. Tapi dari pinggang ke bawah postur tubuhnya sangat besar karena ia memiliki kaki-kaki raksasa dengan berat masing-masing mencapai 45,36 kg.

Perempuan asal Manchester Inggris ini memang sejak kecil kakinya tidak pernah berhenti tumbuh karena ia mengalami kondisi langka yang disebut-sebut mirip dengan Sindrom Proteus. Sindrom ini sebelumnya pernah teridentifikasi pada seorang laki-laki bernama Joseph Merrick yang kakinya juga tidak pernah berhenti tumbuh.

Pada kasus yang menimpa Sellars, kedua kaki mengalami pertumbuhan yang sangat pesat hingga masing-masing mencapai berat 100 pound atau sekitar 45,36 kg. Kondisi ini tentu menyulitkan Sellars untuk berjalan, sehingga ke mana-mana harus mengunakan kursi roda. 

“Sejak saya lahir, perawat sudah tahu ada yang tidak beres dengan saya. Mereka tidak ingin orangtua saya tahu sampai-sampai saya disembunyikan dari ibu saya sendiri hingga 10-14 hari,” ungkal Sellars seperti dikutip dari Foxnews, Senin (19/9/2011).

Sellars saat masih kecil


Karena penyakitnya ini, Sellars akhirnya dipaksa untuk meninggalkan pekerjaannya di Royal Society di bagian Pecegahan Kekejaman pada Hewan, tetapi dia tetap berpikir positif.

"Saya tidak akan membiarkan hal ini mengalahkan saya. Saya bertekad untuk tetap bergerak sebisa mungkin dan berjuang untuk kebebasan saya."

"Saya hanya harus hidup hari demi hari, minggu demi minggu. Saya memiliki kehidupan dan saya harus hidup sebaik yang saya bisa. Ada banyak orang yang bernasib lebih buruk dari saya."

Operasi

Setelah puluhan tahun hidup dengan 2 kaki raksasa Akhirnya Mandy menndatangi dokter. Ketika mendatangi dokter, Mandy divonis menderita Sindrom Proteus di kakinya. Dokter khawatir akan keselamatan Mandy. "Pilih dirimu atau kakimu," ujar dokter. Akhirnya, kaki Mandy diamputasi. Sellars akhirnya harus merelakan kaki kirinya diamputasi karena mengalami infeksi selulitis yang mengancam jiwanya. Operasi dilakukan dengan sukses pada Januari 2010, lalu dilanjutkan dengan masa perawatan hingga 5 bulan berikutnya.

Meski menjadi cacat, Sellars mengaku tidak takut atau menyesal karena sudah mempersiapkan diri dengan baik. Ia bahkan mengaku lebih mudah bergerak setelah salah satu kakinya dipotong, karena beban seberat puluhan kilogram yang selama ini dibawanya ke mana-mana sudah berkurang.

Namun, yang membuat heran adalah kakinya tumbuh kembali 22 bulan setelah operasi. Salah satu bagian kaki memiliki berat 19 kg dan memanjang sampai 1 meter. 

Sellars berharap amputasi akan menstabilkan kondisinya, tapi dia juga merasa bahwa "kaki"nya akan tumbuh lagi. Kenyataannya memang demikian, kakinya tumbuh lagi sampai tidak muat di dalam kaki palsunya dan mematahkannya karena bertambah berat.

Hingga kini, para dokter belum berhasil mengungkap penyebab pasti di balik pertumbuhan kaki Sellars yang tidak normal. Yang jelas, Sellars mengalami penumpukan jaringan lemak dalam jumlah berlebihan di area bawah pinggang khususnya di kaki raksasanya tersebut. Mandy berharap obat dari penyakit ini bisa ditemukan. "Saya tidak akan membiarkan penyakit ini mengalahkan saya. Saya bertekad untuk tetap bergerak seleluasa mungkin."



Artikel ini tidak untuk tujuan komersil, hanya untuk share..
she170 :) xoxoxo



0 comments:

Post a Comment