Thursday, November 17, 2011

Nyamuragira Meletus..




Sebuah taman nasional di Kongo yang terkenal dengan gorila gunungnya yang terancam punah, kini mengundang wisatawan untuk lebih lama lagi tinggal di sana untuk melihat semburan air mancur lava setinggi hampir seribu meter dari gunung berapi yang sedang aktif ke udara.

Gunung berapi yang bernama Gunung Nyamuragira mulai meletus. Api serta luapan lava pijar dimuntahkan dari puncak gunung berapi di Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo. Gunung berapi paling aktif di Benua Afrika itu meletus pada Minggu, 6 November 2011 lalu, dan hingga kini masih terus melakukan semburan lava selama berhari-hari hingga diprediksi akan berlanjut sampai beberapa bulan ke depan. Meletusnya gunung ini selalu ditunggu, karena menjadi atraksi wisata yang mampu mendulang devisa.

"Letusan gunung berapi menghasilkan pemandangan yang indah di langit malam, Tadi malam adalah yang paling spektakuler " ujar juru bicara Taman Nasional Virunga, Luanne Chad, sebagaimana dilansir Associated Press, Rabu (16/11/2011).

Gunung api di Kongo ini memang fenomanal.Tertarik dengan kesuksesan Gunung Berapi Kilauea Hawaii yang mampu menarik turis karena memuntahkan lava pijar setinggi lava menyembur setinggi 20 meter. Sebagai perbandingan, vulkanologis Dario Tedesco memperkirakan bahwa lava di Gunung Nyamulagira di Kongo mampu memuntahkan semburan sampai ketinggian 300 meter.

Lava pijar yang menyembur kemudian mengalir perlahan mengalir ke utara tepatnya ke bagian taman yang tak berpenghuni. Tetapi pihak taman nasional mengatakan bahwa aliran lahar tidak menimbulkan bahaya bagi gorila gunung yang sudah terancam punah di sana. "Aliran lahar ini tidak akan membahayakan gorilla gunung di sana," ujar Chad.

Taman Nasional Virunga adalah rumah bagi 200 dari 790 spesies gorila gunung di dunia, serta gorila dataran rendah, simpanse, gajah hutan dan kerbau.

Di taman nasional ini, telah didirikan sebuah perkemahan tenda yang berjarak hampir 1,5 kilometer dari arah selatan letusan, di mana wisatawan dapat menghabiskan malam di sana dan menikmati pemandangan malam berhiaskan letusan Gunung Berapi yang spektakuler. Dengan biaya 300 dolar AS, para wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan lengkap dengan sarana transportasi dan seorang pemandu wisata. "Letusan gunung berapi menghasilkan pemandangan yang spektakuler," imbuh Chad.

Virunga terletak di bagian timur Kongo, di mana banyak milisi dan kelompok pemberontak terus meneror penduduk hampir satu dekade setelah perang saudara di negara itu berakhir. Beberapa 360 jagawana siap melindungi satwa liar dari pemburu, kelompok pemberontak, penambang ilegal dan invasi tanah.

Dengan lahan seluas 7.800 kilometer persegi, Taman Nasional Virunga adalah sebuah situs Warisan Dunia berisi tujuh dari delapan gunung berapi di pegunungan Virunga yang melintasi perbatasan Kongo, Rwanda dan Uganda. Hanya ada dua gunung berapi yang aktif, Gunung Nyamulagira dan lebih dekat ke Goma, Nyiragongo. Beda dengan Nyamulagira, letusan Nyiragongo bersifat destruktif. Gunung ini pernah meletus pada tahun 2002 dan menghancurkan sebagian kota Goma, termasuk 14 ribu rumah dan memaksa 350 ribu warganya untuk mengungsi.


Penduduk khawatir

Ahli gunung berapi Kasereka menyatakan bahaya yang mengintai dari letusan gunung api ini adalah adanya abu panas dan aliran lava pijar, yang merusak lingkungan ekosistem Taman Nasional Virunga. Karena dalam kurang dari 24 jam aliran lahar panas bergerak cepat sepanjang 15 kilometer.

Para penduduk pun mulai khawatir imbas letusan mencapai pemukiman mereka. Gunung berapi di Taman Nasional Virunga terletak di perbatasan timur Kongo, berbatasan dengan Rwanda, Uganda, Burundi dan Tanzania.

dan ini saya sajikan foto-foto Gunung Nyamuragira.. check it


wisatawan sedang melihan letusan
                                                                   

Letusan Nyimuragira


say chese..
amazing..
pohon angus terkena debu panas
wisatawan berkemah untuk menyaksikan gunung meletus




 Video letusan Gunung Nyamuragira



Artikel ini hanya untuk share, tidak untuk tujuan komersial..
Siti Wulandari Fauziah

 Sumber:
http://travel.okezone.com/read/2011/11/16/409/530273/letusan-gunung-berapi-dijadikan-pemikat-taman-nasional-kongo

0 comments:

Post a Comment