Sunday, November 21, 2010

sesi 6 PEMASARAN

PEMASARAN

Definisi Pemasaran

pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.

Manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Dalam hal ini, proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi dan distribusi ide-ide, barang-barang dan jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang saling memuaskan antara individu dan organisasi.

Filsafah Manajemen Pemasaran

1. KONSEP PRODUKSI

Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau serta manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi dan efesiensi distribusi. Konsep ini adalah falsafah paling tua digunakan dalam penjualan. Konsep ini masih berlaku dan bermanfaat pada dua situasi, yaitu situasi pertama, bila permintaan akan produk lebih besar dari penawannya ; situasi kedua, terjadi kalau biaya produk terlalu tinggi dan perbaikan produktifitas diperlukan untuk menurunkannya. Akan tetapi, perusahaan yang bekerja dengan falsafah ini menghadapi resiko. Bila perusahaan berusaha menurunkan harga, yang pasti dilupakan adalah kualitas, padahal yang di inginkan konsumen adalah harga rendah dengan barang yang menarik.

2. KONSEP PRODUK

Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk bermutu terbaik, model dan ciri-ciri istimewa dan sifat paling inovatif dan bahwa organisasi harus mencurahkan energi untuk terus menerus melakukan perbaikan produk.

3. KONSEP PENJUALAN

Falsafah bahwa konsumen tidak akan membeli produk kecuali organisasi mengadakan usaha penjualan dan promosi berskala besar. Konsep ini biasanya dilakukan pada barang yang tidak dicari, yaitu barang yang mungkin tidak terpikirkan untuk dibeli oleh konsumen, contoh : ensiklopedia, asuransi,dll. Industri ini harus mahir dalam melacak calon pelanggan dan menjual manfaat produk kepada konsumen. Tujuannya adalah menjual yang perusahaan buat, bukan produk apa yang dibutuhkan masyarakat konsumen.

4. KONSEP PEMASARAN

Falsafah manajemen pemasaran ini berkeyakinan bahwa pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan didambakan itu lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing. Kemungkinan konsep ini membingungkan bila dibandingkan dengan konsep penjualan. Perbandingan antara konsep penjualan dengan konsep pemasaran, antara lain :

Konsep pemasaran mulai diberlakukan karena beberapa faktor berikut:

a. Penjualan mulai turun

b. Pertumbuhan produk melambat

c. Pola pembelian yang berubah

d. Persaingan yang meningkat

e. Biaya penjualan meningkat.

5. KONSEP PEMASARAN BERWAWASAN SOSIAL

Falsafah bahwa organisasi harus menentukan kebutuhan, keinginan dan

minat pasar serta memberikan kepuasan yang didambakan itu secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing dengan cara yang mmempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat. Konsep ini mengajak pemasar membangun pertimbangan sosial dan etika dalam praktek pemasaran mereka. Hal ini agar dapat menyeimbangkan dan menyelaraskan 3 faktor yang penting, yaitu : laba perusahaan, pemuas keinginan konsumen dan kepentingan publik.

Konsep Pemasaran

Bagi perusahaan yang menganut konse pemasaran akan mengarahkan kegiatannya kepada pemenuhan dan keinginan konsumen.

Perusahaan harus:

a. Menentukan kebutuhan pokok dari konsumen

b. Memilih kelompok konsumen tertentu dalam menjualkan produknya

c. Menentukan produk dan program pemasarannya

d. Mengadakan penelitian terhadap konsumen tentang keinginan, sikap dan tingkah laku kemudian mengukur, menilai dan menafsirkannya.

e. Menentukan dan melaksanakan strategi yang baik.

Tiga unsur konsep pemasaran:

  1. Orientasi pada Konsumen
  2. Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
  3. Kepuasan Konsumen

Memahami Pasar

Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli (orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, mempunyai uang, dan ingin membelanjakannya). Itu berarti pasar adalah tempat dimna terjadi kekuatankekuatan antara penjual dan pembeli untuk menentukanharga.

· Macam-Macam Pasar

Pasar konsumen

Sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk digunakan sendiri. Itu berarti konsumen adalah pengguna akhir.

Pasar industri

Pasar yang terdiri dari individu dan lembaga/organisasi yang membeli barang untuk dipakai dalam memproduksi barang lain yang nantinya akan dijual kembali. Yang dibeli oleh pasar industri adalah barang mentah atau barang setengah jadi.

Pasar penjual

Pasar yang terdiri dari individu dan lembaga/organisasi yang membeli barang untuk dijual atau disewakan untuk memperoleh laba.

Pasar pemerintah

Pasar dimana lembaga-lembaga pemerintah yang melakukan proses pembelian produk yang terkait pada layanan produk.

· Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari jenis produk kedalam satuan-satuan pasar yang bersifat heterogen.

Syarat segmentasi pasar:

1. Measurability

2. Accessibility

3. Substantiality

· Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran adalah kombinasi dari kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu 4P ( product, price, promosi dan place)

Product (Produk).

Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide.

Price (Harga)

Bauran harga berkenaan dcngan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.

Promotion (Promosi)

Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.

Saluran Distribusi (Place)

Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.

· Produk

produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk fisik produk, melainkan satu paket kepuasan yang didapat dari pembelian produk Kepuasan tersebut merupakan akumulasi kepuasan fisik, psikis, simbolis, dan pelayanan yang diberikan oleh produsen.

Produk identik dengan barang. Dalam akuntansi, barang adalah obyek fisik yang tersedia di pasar. Sedangkan produk yang tidak berwujud disebut jasa. Dalam manajemen produk, identifikasi dari produk adalah barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Kata produk digunakan untuk tujuan mempermudah pengujian pasar dan daya serap pasar, yang akan sangat berguna bagi tenaga pemasaran, manajer, dan bagian pengendalian kualitas.

Menurut tingkat pemakaian

Menurut tujuan pemakaian

1. Durable Goods

2. Non-durable goods

3. services

1. barang konsumsi

2. barang industri

· product life cycle

Konsep Harga

Harga dalam arti sempit adalah jumlah uang yang dibayarkan untuk sutu produk atau jasa. Sedangkan dalam arti luas adalah jumlah nilai yang ditukarkan konsumen untuk keuntungan memiliki dan atau menggunakan produk atau jasa. Dalam prinsip manajemen dalam penentuan harga adalah menitik berat kan kepada keinginan pembeli untuk harga yang telah ditentukan dengan jumlah yang cukup dan mencapai laba.

· Strategi penetapan harga

1. Harga psikologis

Harga yang ditetapkan dengan angka ganjil. Contoh : Rp. 99.990

2. Price lining

Hargayang ditetapakn berjenjang tergantung pada moel, ukuran dan kualitas berbeda. Contoh: 500gr Rp. 5000, 1kg Rp. 10000

3. Discount pricing

Harga dikurangi diskon dalam rangka promosi

4. Harga geografis

Strategi Promosi

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Kegiatan promosi, meliputi :

I. Periklanan

II. Personal selling

III. Promosi penjualan

IV. publisitas

Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:

1. Melalui e-mail

2. Melalui sms

3. Melalui pembicaraan

4. Melalui iklan

5. Dll

Strategi Distribusi

Distribusi adalah saluran yang menghubungkan dari produsen ke konsumen atau pemakai industri.

Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan distribusi:

a. Pedagang besar

b. Agen

c. pengecer

Nama: Siti Wulandari Fauziah

Npm: 29210174

Kelas : 1eb06

Universitas Gunadarma

0 comments:

Post a Comment